top of page
Gambar penulisBrian Christiansen

Apa itu desain emosional? Ini Maksudnya

Sebenarnya apa itu desain emosional?. Meski terkesan asing, sebenarnya kamu sudah sering menemui desain emosional di kehidupan sehari-hari, tapi itu memang tak terlihat jelas.

Bisa dibilang makin desain emosional tak terlihat, maka makin bagus hasilnya. Jadi, sebenarnya apa itu desain emosional, berikut penjelasannya.

Definisi desain emosional

Desain emosional bukanlah gaya khusus seperti desain memphis atau brutalisme. Sebaliknya, desain emosional adalah konsep yang harus bisa membuat audiens merasakan emosi melalui sebuah desain.

Desain emosional merupakan desain apa pun yang sengaja dibuat untuk membangkitkan respons emosional audiens-nya.

Setiap desain juga bisa memunculkan emosi yang berbeda-beda, tergantung visual dan informasi yang dicantumkan.

Apa itu desain emosional?

Apa itu desain emosional? – Freepik

Contoh desain emosional

Misalnya, saat kamu melihat portal lamaran kerja online yang digunakan banyak perusahaan, bisa jadi kamu merasa stres dan frustrasi, terutama jika kamu sudah sering mendaftar lowongan pekerjaan.

Rasa stress dan frustasi bisa jadi bertambah saat tampilan portal memakai teks besar dengan isi informasi yang ambigu. Dari melihat portal tersebut saja, akhirnya terbesit pertanyaan “apakah lamaran yang dikirim bakal lolos?“.

Berbeda jika kamu melihat portal lamaran kerja online yang rapi, dan berisi informasi yang jelas, seperti akan mendapatkan panggilan dalam waktu 14 hari. Pasti memunculkan perasaan yang lebih nyaman.

Menggabungkan desain emosional dengan proses yang reponsif dalam rekrutmen, diharapkan bisa menjauhkan pelamar dari rasa sakit dan stress. Jika berhasil membuat pelamar merasa nyaman, maka penjelasan di atas merupakan sebuah contoh desain emosional yang sukses.

Apa itu desain emosional? – Freepik

Penting juga buat diketahui bahwa desain yang paling sukses, adalah desain yang mampu menyentuh alam bawah sadar audiens-nya.

Secara tak langsung saat kamu melihat sebuah desain sebuah merek, terkadang muncul perasaan nyaman.

Lantaran perasaan yang nyaman, kamu jadi suka melihat atau berhubungan dengan merek tersebut. Hal tersebutlah yang membuat merek bisa mendapatkan pelanggan setianya.

Tadi adalah informasi tentang apa itu desain emosional yang bisa diterapkan saat kamu akan membuat sebuah desain.

2 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page