top of page
Gambar penulisBrian Christiansen

Apa Itu UI/UX ? Cari Tahu Disini, yuk!

Sudah tahu apa itu ui/ux? Kalau belum, kamu datang ke artikel yang tepat. Karena hari ini Owly akan mengupas tuntas dunia ui/ux yang saat ini jadi topik hangat di kalangan desainer.

Pada artikel ini kita akan membahas perbedaan, contoh UI design web atau aplikasi, hingga kaitan UI dan UX.

Baca sampai habis ya karena ada banyak sekali ilmu tentang UI/UX yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya.

Tanpa berlama-lama, langsung saja yuk kita mulai pembahasan kali ini!

Apa itu UI/UX ?

Dengan semakin menjamurnya perusahaan startup dan pengembang aplikasi, profesi UI/UX desainer yang awalnya asing kini banyak dibutuhkan.

Bahkan bisa dibilang profesi ini jauh lebih menjanjikan dibanding jenis desainer lain. Kenapa? Karena posisi ini sendiri membutuhkan keahlian yang jauh lebih kompleks.

Karena itu pula, range gaji untuk seorang UI/UX desainer pun berbeda dari desainer kebanyakan.

Nah, tapi masalahnya. sudahkah kamu tahu bahwa UI/UX adalah dua posisi yang berbeda? Jika belum, kita bahas langsung saja yuk apa itu UI/UX design!

Apa Itu User Interface (UI) Design?

Sesuai dengan arti kata interface yaitu antarmuka atau tampilan, user interface singkatnya berarti tampilan yang dilihat pengguna.

Nah, tapi tentunya ngga sesimpel itu Sobat Owly. Ada banyak sekali elemen dari user interface dan kompleksitas peran seorang UI Designer.

apa itu ui/ux

contoh UI design web atau aplikasi

Penjelasan lebih mudah lagi, UI design adalah bentuk tombol, font, icon, hingga warna yang ada pada sebuah aplikasi atau website.

Eits, tapi ngga cuma itu aja dong tugas seorang UI designer. Ada banyak banget hal di balik layar yang sepertinya juga belum banyak diketahui orang.

Nih Owly rangkumin untuk kalian, apa saja tugas yang dilakukan seorang UI designer:

  1. Desain Riset Riset adalah salah satu step yang penting, terutama untuk UI Designer. Biasanya riset yang dilakukan UI designer sendiri antara lain tentang user, kompetitor, hingga trend desain terkini.

  2. Mendesain Tampilan UI designer juga punya peran penting untuk mendesain tampilan website atau aplikasi yang ramah bagi pengguna. Mulai dari desain tombol, font yang digunakan, hingga ikon, semua adalah tanggung jawab seorang UI designer. Ngga cuma ramah pengguna dan sesuai trend, UI designer juga harus bisa mendesain tampilan yang sesuai dengan brand perusahaan.

  3. Membuat Design System UI Designer juga harus bisa memastikan bahwa semua desain sesuai dengan brand perusahaan. Sistem desain sendiri biasanya berisi panduan style desain hingga kumpulan pola atau desain yang digunakan.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang pengertian dan tugas seorang UI designer. Tertarik untuk menjadi salah satunya?

Apa itu User Experience (UX) Design?

Dalam pembahasan tentang apa itu UI/UX, banyak yang mengira bahwa UI/UX Designer memiliki peran yang sama. Padahal, keduanya memiliki tugas yang sangat berbeda.

Singkatnya, tugas utama seorang UX Designer adalah memastikan experience atau pengalaman user saat menggunakan aplikasi atau website mereka.

apa itu ui/ux

Apa itu UI/UX

Masih kurang jelas ya? Daripada bingung, yuk langsung Owly jelaskan saja apa tugas yang perlu dilakukan oleh seorang UX Designer:

  1. Tahap Riset dan Menyusun Strategi Seorang UX designer harus melakukan planning dan riset kepada calon pengguna aplikasi atau website mereka. Selain itu, mereka juga harus melakukan Information Architecture. Ini adalah tahap melabeli dan mengelompokkan konten yang ada di website atau aplikasi.

  2. Membuat User Flow Dalam tahap ini biasanya UX Designer melakukan riset untuk mengetahui apa kebutuhan user mereka. Setelah kebutuhan diketahui, barulah mereka menciptakan sebuah perjalanan pengguna yang paling ramah dan tepat guna. Itu artinya UX designer harus memastikan bahwa perjalanan user dari awal sampai selesai berjalan lancar.

  3. Wireframing Tahap wireframing dilakukan untuk mendapatkan gambaran seperti apa flow user, functionality, informatin architecture, hingga layout. Wireframing sendiri bisa dilakukan secara digital atau digambar manual. Biasanya UX designer akan menunjukan wireframe ke stakeholder untuk mencapai sebuah kesepakatan.

  4. Test dan Analisis Seorang UX designer juga perlu melakukan tes kepada user mereka. Untuk tahu experience dan flow yang mereka buat sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, mereka juga harus melakukan analisis bersama product manager terkait hasil test tersebut. Ini berguna untuk menentukan langkah selanjutnya atau perbaikan apa yang bisa mereka lakukan terhadap website atau aplikasi.

Lalu apa kaitan UI dan UX Design?

apa itu ui/ux

apa itu ui/ux

Dengan kolaborasi posisi UI dan UX designer, kita bisa menikmati dan merasakan sebuah pengalaman menggunakan website atau aplikasi yang menyenangkan.

Berkat peran UX designer, kita jadi tidak merasa bingung saat menggunakan aplikasi meski baru pertama menggunakan.

Begitu juga dengan tampilannya yang mudah dimengerti dan membuat kita tidak bosan. Itu adalah tanggung jawab seorang UI desainer.

Dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau website, kedua posisi ini memiliki kaitan dan peran yang kuat. Tanpa keduanya, user tentu tak akan betah berlama-lama menyambangi suatu website.

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang apa itu ui/ux. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjadi bekal kamu yang ingin menekuni bidang ini.

Jadi, sudah memutuskan belum nih ingin mendalami posisi yang mana? Tulis di kolom komentar yah!

1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page