top of page
Gambar penulisBrian Christiansen

Harga Logo Termahal dan Termurah dari Brand Terkenal (Ada yang Gratis!)

Logo Termahal & Termurah dari Brand Terkenal

Perbincangan tentang harga logo termahal dari brand terkenal sepertinya memang tak akan ada habisnya ya Sobat Owly.

Tidak mengherankan sih karena terkadang ada beberapa logo yang terlihat biasa tapi ternyata harganya terlalu mahal untuk dicerna akal sehat.

Eits tapi sebenarnya ada beberapa alasan lho kenapa ada logo yang harganya selangit. Penasaran apa saja rahasia dan alasan dibaliknya?

Baca sampai selesai ya karena Owly juga akan membahas tentang logo paling murah bahkan ada yang gratis.

Yuk langsung saja kita cari tahu apa saja logo tersebut!

Logo Termahal dari Brand Terkenal

Sebagai lambang dan identitas sebuah brand atau perusahaan, rasanya sangat wajar ya kalau logo itu mahal harganya.

Nah, tapi ada juga nih beberapa logo yang bikin kita geleng-geleng kepala karena harganya yang tidak wajar.

Yuk langsung saja kita bahas logo dengan harga fantastis beserta alasan dibalik mahalnya harga logo tersebut.

Logo Xiaomi – 4,3 Miliar

Logo termahal

Logo Termahal – Xiaomi

Sobat Owly pasti juga ingat kan betapa hebohnya kita saat Xiaomi mengumumkan logo terbaru mereka yang katanya menghabiskan dana hingga Rp 4,3 Miliar.

Bagaimana tidak, logo terbaru Xiaomi ini memang terlihat tidak jauh berbeda dari logo mereka sebelumnya. Bahkan bisa dibilang perubahannya hanya ada pada sudut logo mereka.

Eits, tapi sebenanrya, kenyataannya ngga sesimpel itu lho Sobat Owly. Ada beberapa faktor filosofis dan esensi lain yang menyebabkan logo Xiaomi ini harganya bisa selangit. Kita bahas satu-satu yuk!

Pertama, logo Xiaomi dibuat oleh desainer kenamaan, Kenya Hara. Selain menjadi profesor di universitas Mushashino Art, Kenya Hara juga merupakan presiden Nippon Design Center.

NDC adalah sebuah perusahaan advertising dan agensi desain yang telah menangani bran besar seperti Toshiba hingga Toyota.

Saat mendesain logo ini, Kenya Hara tentunya tak hanya mengubah sudut logonya saja Sobat Owly.

Beliau menggunakan sebuah teknik matematika bernama super ellipse. Digunakannya formula ini bertujuan untuk mewujudkan visi keseimbangan dan ‘hidup’ yang ingin diwujudkan Xiaomi.

Xiaomi sendiri juga mengungkapkan bahwa mereka sadar banyak orang pasti berpikir bahwa mereka hanya membuat perubahan kecil pada logo mereka.

Namun mereka menegaskan bahwa dengan logo baru mereka tersebut, mereka juga memperbarui spirit dan mentalitas baru untuk perusahaan mereka.

Bagaimana menurut kalian? Apakah makna dan bentuk logo Xiaomi terbaru ini sepadan dengan harganya yang sampai milyaran?

Logo Mandiri 15 Miliar

logo termahal

Logo Termahal – Mandiri

Jangan salah Sobat Owly, logo dari perusahaan besar di Indonesia juga ada lho yang harganya selangit.

Yes, logo Bank Mandiri terbaru juga masuk nih dalam list kita kali ini. Bahkan, logo mereka ini lebih mahal lho dari logo terbaru Xiaomi.

Percaya atau ngga kalau logo baru Bank Mandiri ini harganya menyentuh angka Rp 15 Miliar?

Meski bisa dibilang tak banyak perubahan yang signifikan selain berubahnya posisi pita bergelombang menjadi di atas tulisan mandiri, tapi logo baru bank ini memang dihargai secara fantastis.

Dilansir dari detik, alasan bank mandiri mengubah logo terdahulu mereka salah satunya karena aspek feng shui.

Berbeda dengan logo sebelumnya, pita yang ada pada logo bank mandiri terbaru berwarna emas.

Warna ini dipilih untuk melambangkan kemakmuran. Pada logo terbarunya, mereka juga hanya mencantumkan nama Mandiri dan bukan ‘Bank Mandiri’.

Menurut kabar yang beredar juga, Bank Mandiri berkonsultasi dengan Brand Union untuk membuat logo baru mereka ini.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah 15 Miliar adalah harga yang sepadan untuk perubahan logo mereka?

Logo Australia and New Zealand Banking – 219 Miliar

Logo Termahal

Logo Termahal – ANZ

Selanjutnya ada lagi nih logo termahal yang juga dari sebuah bank. Sama seperti bank mandiri, Australia and New Zealand banking juga melakukan rebranding pada logo mereka hingga menghabiskan dana sebesar Rp 219 miliar.

Logo baru ini sendiri pertama kali di launching pada bulan Oktober tahun 2009 dan dibuat oleh sebuah agensi bernama M&C Saatchi yang juga merupakan bagian agensi periklanan ANZ.

Untuk logo baru mereka ini ternyata mewakili dan memiliki arti masing-masing lho Sobat Owly.

Yang pertama adalah tiga huruf ANZ yang mewakili Australia, New Zealand, dan Asia Pacific yang merupakan bagian dari bank ini.

Lalu ada simbol yang mirip bunga lotus dan manusia di sebelah kanan bertujuan untuk melambangkan people dan juga growth.

Sekarang kalian pasti berpikir, “Perasaan logonya biasa aja, kok sampai ratusan miliar, ya?”

Dijelaskan lebih lanjut oleh pihak ANZ bahwa Rp 219 Miliar tadi merupakan keseluruhan biaya rebranding yang juga meliputi kampanye strategi marketing yang dilakukan pada tahun 2010 hingga 2012.

Jadi biaya fantastis tersebut tidak hanya habis untuk mengganti logo saja nih Sobat Owly. Bagaimana menurut kalian?

Logo Accenture – 1,4 Triliun

Logo Termahal – Accenture

Logo termahal selanjutnya datang dari sebuah perusahaan multinasional Irlandia yang fokus di bidang IT dan consulting bernama Accenture.

Kalian mungkin akan terkejut dengan perbandingan perubahan logo dan biaya rebranding yang terkesan tak masuk akal.

Berdasarkan informasi, Accenture menggelontorkan uang hingga Rp 1,4 triliun untuk memperbarui logo mereka.

Alasan dibalik perubahan logo ini sendiri terjadi karena Accenture harus meninggalkan Anderson Consulting Group dan memulai perjalanan mereka sendiri.

Penasaran seperti apa logo accenture sebelum dilakukan rebranding? Hehe jangan kaget ya. Nih Owly kasih lihat.

Selain perubahan tipografi kalian pasti juga merasa bahwa perubahan pada logo ini tidak terlalu banyak kan?

Tapi mungkin saja penyebab logo ini bisa mahal adalah karena dibuat oleh Landor Associates.

Bagi Sobat Owly yang belum familiar, Landor Associates adalah firma konsultasi yang mempelopori riset dan desain di bidang branding.

Perusahaan ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1941 dan dibentuk oleh Walter Landor yang merupakan seoarang brand designer.

Logo Termurah dari Perusahaan Besar

Nah, tadi kan kita sudah membahas tentang logo termahal, rasanya ngga lengkap ya kalau kita ngga ngomongin tentang logo termurah.

Emang ada logo yang murah banget bahkan gratis? Ada dong. Yuk langsung aja kita lihat apa aja logo tersebut:

Logo Coca Cola – Gratis

Siapa yang menyangka kalau logo minuman bersoda paling terkenal ini ternyata dibeli secara gratis.

Pembuat logo ini sendiri adalah karyawan Coca Cola dari bagian pembukuan bernama Frank Mason Robinson. Pada tahun 1885 logo ini pertama dibuat dengan tulisan tangan. Dan sejak dulu sampai sekarang, pemilik Coca Cola tidak membayar Frank untuk logo buatannya.

Logo Nike – Rp 455 ribu

Meski tidak graris, namun harga logo nike ini terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan harga sepatunya.

Logo Nike sendiri dibuat oleh seorang mahasiswa grafis yang sedang magang di perusahaan Nike pada tahun 1971.

Logo Google – Gratis

Percayakah kamu kalau Google juga tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk membuat logo mereka yang fenomenal itu? Logo ini dibuat oleh salah satu pendiri Google, yaitu Sergey Brin pada tahun 1998.

Dia membuat logo tersebut dengan software gratis GIMP hingga kemudian rancangannya tersebut menjadi cikal bakal logo Google yang sangat terkenal sampai sekarang.

Nah itu tadi pembahasan kita kali ini tentang logo termahal dan termurah dari brand atau perusahaan terkenal.

Semoga ini jadi pengetahuan bagi Sobat Owly dan membuat kalian semangat untuk mengasah skill kalian.

Sampai ketemu di konten dan artikel selanjutnya ya~


Mau belajar desain grafis dan jadi desainer logo termahal selanjutnya?

Yuk bergabung di SekolahDesain.id dan pelajari semua skill yang dibutuhkan untuk jadi desainer profesional!


53 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page