top of page
Gambar penulisBrian Christiansen

Sedang Viral, Aplikasi Clubhouse Sosmed Audio No.1 Saat ini!

Baru-baru ini dunia maya sedang ramai dengan munculnya sebuah aplikasi sosial media baru yang bernama clubhouse. Aplikasi clubhouse merupakan aplikasi  jejaring sosial baru yang berbasis audio chat. Diluncurkan pada 2020 oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei, tahun 2020 aplikasi ini hanya memiliki 1500 pengguna dan pada february 2021 ini tercatat sudah mendapatkan 3,6 Juta pengguna yang aktif.

Didirikan saat kondisi pandemi, aplikasi clubhouse dengan cepat membentuk dan membangun reputasi terhadap seluruh orang-orang untuk bertemu, berbicara, dan membagikan ide hanya dengan melalui suara. Para penggunanya dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang tentang berbagai macam topik. Hampir mirip seperti podcast, bedanya aplikasi clubhouse hanya dilakukan secara live atau langsung.

Sistem clubhouse memungkinkan kita untuk membuat dan bergabung dengan suatu room, dimana didalam room tersebut kamu dapat mengobrol dengan orang lain atau sekedar mendengarkan pembicaraan orang. Pengguna dapat bergabung dan meninggalkan room kapan saja. Pengguna juga dapat membuat room menjadi aula rapat umum yang bisa didengar oleh banyak orang dan bisa dikontrol apakah pendengar bisa ikut diskusi ataukah hanya sebagai pendengar.

Pengguna android belum bisa menggunakan aplikasi Clubhouse karena belum tersedia di PlayStore. Peluncuran awal dari aplikasi ini hanya ada di Apps Store. Jadi hanya pengguna Iphone yang dapat menggunakan aplikasi tersebut. Walaupun hanya pengguna Iphone yang dapat menggunakan aplikasi clubhouse, tidak menjadi penghalang untuk clubhouse memiliki pengguna sampai sekarang sekitar 3,6 Juta.

Clubhouse pertama kali dikenal oleh masyarakat luas berkat sosok Elon Musk. Elon Musk adalah pendiri dari Tesla, SpaceX, dan banyak perusahaan lainnya. Beliau mengadakan sesi obrolan bersama dengan Robinhood CEO, Vlad Tenev, mengenai dinamika pasar dengan clubhouse pada 14 Februari lalu.

Selain Elon Musk, terdapat juga CEO Facebook Mark Zuckerberg dan masih banyak orang berpengaruh lainnya yang menggunakan aplikasi ini. Alasan itulah yang menjadikan lonjakan pada unduhan aplikasi Clubhouse baru-baru ini.

Aplikasi Clubhouse sekarang hanya tersedia di Iphone. Namun, bocoran dari CEO Clubhouse bahwa aplikasi ini sedang dikembangkan lagi dan tidak menutup kemungkinan akan dapat digunakan juga di Android kedepannya.

Baca Juga :

3 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page